berita utama

Tanjak Songket Di GOR Temenggung Abdul Jamal

Tanjak Songket di GOR Temenggung Abdul Jamal

Cuaca panas menyelimuti kota Batam Kepulauan Riau Minggu (18/12). Mulai pukul 9.30 matahari tampak gagah bersinar di kota yang mendapat julukan kota industri itu. 



Saat itu suasana kota Batam agaknya sedikit berbeda, terlebih di kawasan Sport Hall GOR Temenggung Abdul Jamal Batam yang letaknya berjarak sekitar 30 menit dari Bandara Nang Hadim. Lalu lalang kendaraan roda dua dan empat memenuhi plataran parkir. Tenda-tenda berjejer rapi yang diisi pedagang makanan dan minuman.


Uniknya, semua orang yang datang mengenakan Tanjak (topi, Palembang) bermotif songket. Bahkan, puluhan orang yang berjualan di tenda tersebut hampir semuanya berjualan makanan khas Sumatera Selatan. Ada yang berjualan pempek, tekwan, laksan dan ada juga yang menjajakan kaos bertuliskan bahasa Palembang yakni Wong Kito Galo.


"Hari ini sengaja kami memakai Tanjak karena semua Wong Sumsel yang ada di Batam berkumpul disini," ujar Syafran pedagang Pempek saat itu di Sport Hall GOR Temenggung Abdul Jamal.


Bahkan, Syafran juga pada saat itu dan pedagang lainnya dibawah tenda juga ikut memakai Tanjak berwarna biru sambil melayani pembeli yang juga rata-rata orang asli Sumsel.


Usut punya usut, tercatat ada sekitar 40 ribuan warga Sumsel yang dari berbagai profesi menetap di Batam. Sebagian besar ada yang membuka usaha kelontongan. 


"Berkumpulnya orang Sumsel disini (Sport Hall GOR Temenggung Abdul Jamal ini karena akan ada perayaan IKBSS (Ikatan Keluarga Besar Sumatera Selatan) yang juga akan dihadiri Gubernur Sumsel Alex Noerdin," tambah Syafran sembari menuangkan cuka pempek untuk pembeli.


Tak terasa waktu sudah menunjukan pukul 12.00 WIB, namun tetap saja satu persatu pendatang yang mengenakan Tanjak berdatangan memadati Sport Hall GOR Temenggung Abdul Jamal. 


Tak lama kemudian, suara sirine mobil Patroli Pengawal pun terdengar jelas memasuki halaman GOR. Benar saja, Gubernur Sumsel Alex Noerdin didampingi istri tercinta Eliza Alex Noerdin pun turun dari mobil dan tampak sangay tenang dan ramah setia berada disamping Alex. Sambil melambaikan tangan dan menyapa warga yang berjualan, Kakek dari si kembar Aleta dan Attalie inipun bersalaman dengan pedagang di sekitar GOR. "Apo kabar galo-galo, akor-akor kamu tuh," canda Alex.


Alex pun mulai menapakkan kakinya masuk ke dalam Sport Hall GOR Temenggung Abdul Jamal yang mampu menampung puluhan ribu orang didalamnya. Selangkah memasukan kaki ke dalam, riuh tepuk tangan dan teriakan menyapa mantan Ketua Bupati se-Indonesia itu. "Pak Alex, pak Alex apo kabar pak. Nambah belagak bae caknyo," teriak ribuan warga yang berada didalam GOR.


Rupanya, ribuan warga sudah duduk rapi didalam GOR dan semuanya mengenakan Tanjak merupakan masyarakat Sumsel yang tergabung didalam organisasi kemasyarakatan IKBSS. Hingga Alex menuju ke kursi pun tak henti-hentinya warga rebutan bersalaman dan berfoto dengan orang nomor wahid di Sumsel itu.


Tidak hanya warga Sumsel yang tergabung di IKBSS Batam saja yang menunggu kehadiran Alex Noerdin, di kursi barisan depan juga sudah ada Gubernur Kepulauan Riau, Nurdin Basirun SSos MSi dan Ketua Umum IKBSS Batam, Rizan Nika Astaga SH MH yang menanti kehadiran Alex.


"Terimo kaseh sudah nunggu aku dan menyambut kedatangan aku," ucap Alex kepada masyarakat Sumsel yang hadir pada rangkaian kegiatan peringatan dua tahun IKBSS Batam.


Tak ingin mengecewakan masyarakat yang sudah menunggu, Alex Noerdin pun mulai bercerita seputar kemajuan pembangunan infrastruktur. "Walaupun kalian jauh, aku berharap tetap biso menjadi bagian untuk mendukung pembangunan di Sumsel. Mak mano caronyo? Yo, kamu cukup tetap jago kerukunan dan tetap kompak di Batam ini," ajak Alex.


Perlahan tapi pasti pada kesempatan itu Alex bercerita bahwa Sumsel maju berkat dukungan dari berbagai pihak. "Termasuk kamu di Batam ni jugo yang dukung pembangunan di Sumsel," kata Alex


Warga Sumsel pun tampak antusias menyaksikan pemaparan Alex, bahkan beberapa diantaranya mengabadikan momen itu menggunakan aplikasi video dari telepon genggam.


Tidak hanya itu, Gubernur Kepulauan Riau,  Nurdin Basirun pun tampak tak berkedip melihat video seputar pembangunan infrastruktur di Sumsel. Terlebih, saat Alex Noerdin menampilkan slide show rencana pembangunan sirkuit MotoGP di Jakabaring yang akan dimulai pada 2017 mendatang.


Usai Alex Noerdin memaparkan pembangunan di Sumsel, barulah Gubernur Kepri Nurdin Basirun menyatakan ketakjubannya terhadap percepatan pembangunan di Sumsel. "Sumsel hebat dan masyarakatnnya harus bangga," kata Nurdin.


Tak lama memberikan kata sambutan, Nurdin Basirun pun berpamitan dengan Alex Noerdin karena harus bertolak ke Karimun untuk menghadiri kunjungan kerja disana.


Bangga menjadi wong Sumsel pun kemudian diakui Ketua Umum IKBSS Batam, Rizan Nika Astaga. Menurutnya, kemajuan di Sumsel sangat pesat. "Ini bukti komitmen kepala daerah untuk mensejahterahkan masyarakatnya," kata Rizan.


Hal senada juga Mustaga yang merupakan masyarakat Sumsel di Batam yang tergabung di IKBSS. Dikatakan Mustaga, Alex Noerdin sangat terbukti memajukan daerahnya. "Kami bangga, nama Sumsel semakin dikenal luas berkat prestasi-prestasinya," ujar Mustaga.


Waktu terasa cepat, hanya sekitar satu jam setengah saja Alex menyapa masyarakat asal Sumsel di Batam. Waktu menunjukkan pukul 15.30 WIB, Alex pun bertolak pulang menuju Bandara Nang Hadim. Namun, tetap saja ketika perjalanan menuju ke parkiran mobil di GOR Alex dikerumuni masyarakat Sumsel di Batam yang ingin bersalaman dan berfoto. *Deby*

berita utama lainnya

Sepasang Bola Mata dan Keutuhan NKRI di Griya Agung
Jumat, 3 Februari 2017  15:24 WIB (739 Dibaca)
Ikut Rayakan Imlek di Lima Titik, Alex Noerdin Tebar Perdamaian
Senin, 30 Januari 2017  15:45 WIB (390 Dibaca)
Serasa Nonton Bioskop, Kue Kotak Rasa Popcorn
Kamis, 6 Oktober 2016  09:00 WIB (766 Dibaca)
Teriakan Rindu Kampung Becak Hingga Rebutan Salaman
Rabu, 28 September 2016  09:00 WIB (689 Dibaca)
New York World Economic Forum Tropical Forest Alliance Alex Bicara Soal Perubahan Iklim dan Lanskap Berkelanjutan
Kamis, 22 September 2016  16:00 WIB (581 Dibaca)
Bidan Pali Gerogi Terjun Dihadapan Alex
Selasa, 20 September 2016  09:48 WIB (568 Dibaca)
Musa, Aletta dan Atalie Kado Usia 66 Tahun
Sabtu, 10 September 2016  19:00 WIB (686 Dibaca)
Bocah Penghafal 6.666 Ayat Quran dan Usia 66 Tahun Alex Noerdin
Jumat, 9 September 2016  15:34 WIB (977 Dibaca)
Mie Celor, Kotak Sampah Hijau bersama Alex Noerdin
Senin, 29 Agustus 2016  14:35 WIB (672 Dibaca)
Perang Lima Hari Lima Malam Berlanjut di Griya Agung
Rabu, 17 Agustus 2016  10:00 WIB (684 Dibaca)
Telok Abang dan 21 Jam Jelang Upacara
Selasa, 16 Agustus 2016  17:00 WIB (636 Dibaca)
Michael dan Fikri Gugup Saat Dikukuhkan
Senin, 15 Agustus 2016  12:52 WIB (1074 Dibaca)

<< December 2016 >>
MingSenSelRabKamJumSab
    123
45678910
11121314151617
18192021222324
25262728293031

Tim Redaksi Website Gubernur Sumatera Selatan - H.Alex Noerdin, Jl. Kapten Arivai. 
Telp : 0711-311000   
Fax : 0711 -363789
Email : alexnoerdin@sumselprov.go.id

          alexnoerdin@alexnoerdin.info


Contact persons : Darlina.