berita utama

arsip bulan Mei 2311

WAPRES BOEDIONO AJAK ALEX BERDAYAKAN HUTAN RAKYAT

Wakil Presiden Boediono mengajak Gubernur Sumatera Selatan, Ir H Alex Noerdin untuk memberdayakan hutan untuk kesejahteraan rakyat. "Saya mengajak gubernur untuk memberdayakan dan sekaligus membangun konsevasi alam, melalui hutan untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat di daerah,"Demikian ajakan Boediono saat pencanangan dan deklarasi Hari Konservasi Alam Nasional (HKAN) di Istana WakilPresiden, Jl Medan Merdeka Selatan, 22 Januari 2010.
 
Hadir dalam HKAN tersebut, Menteri Kehutanan zulkifli Hasan dan Menkopolhukam Marsekal Purn TNI Djoko Suyanto. Wapres, Boediono menambahkan hutan yang merupakan kekayaan alam harus dikelola secara baik dan benar. Sehingga masyarakat sekitar hutan bisa menikmatinya. "Hutan harus dikelola secara baik, masyarakat sekitar hutan bisa menikmati hasilnya,"tambahnya sambil memberi nama seekor Macam asal Sumatera bernama "Wira" yang akan dilepas ke habitatnya.
 
Sementara itu, Gubernur Sumatera Selatan, Ir H Alex Noerdin merespon positif ajak Wapres Boediono tersebut. "Kita sambut positif ajakan Wapres, terutama untuk pengelolaan hutan kemasyarakatan dan hutan tanaman rakyat. Karena memang hutan rakyat ini perlu diberdayakan secara maksimal,"katanya. Alex yang datang bersama Bupati Muba, Pahri Azhari dan Bupati Mura, Ridwan Mukti menegaskan hutan desa dan hutan rakyat ini pengelolaannya secara teknis kepada Dinas Kehutanan. "Pengelolaan secara teknisnya, terhadap hutan kemasyarakatan dan hutan tanaman rakyat ini akan dikelola oleh Dinas Kehutanan,"tambahnya.
 
Saat ditanyakan apakah mekanismenya rakyat diberikan tanah sertifikat untuk mengelola hutan tersebut, Alex menegaskan bukan diberikan tanah hutan. Tapi rakyat diberikan hak pengelolaan saja. "Jadi bukan diberikan tanah hutan, rakyat hanya diberikan hak pengelolaan saja.