Kepeloporan


Kesehatan gratis


Sejak tahun 2002, sebagai Bupati Musi Banyuasin, H. Alex Noerdin mewujudkan program Berobat Gratis bagi seluruh warga. Pengobatan dimulai dari Puskesmas Pembantu, Puskesmas, dan dapat dirujuk ke RSUD Sekayu, RSU Mohammad Hoesin Palembang, hingga RS Cipto Mangoenkoesoemo Jakarta. Seluruhnya gratis dan sangat layak.

Untuk mendukung program itu, telah dibangun Rumah Sakit Umum Daerah di Sekayu, Bayung Lencir, dan Sungai Lilin; serta mengaktifkan Puskesmas Keliling untuk menjangkau pasien. SDM pelayan kesehatan dididik profesional melalui Akademi Perawat Sekayu serta melatih SDM Rumah Sakit Umum Daerah Sekayu bekerjasama dengan Malaysia dan Singapura.

Sebagai pemimpin, H. Alex Noerdin sangat sadar bahwa kesehatan merupakan kebutuhan dasar manusia. Setiap warga negara memiliki hak yang sama untuk mendapatkan pelayanan kesehatan yang baik dan bermutu. Kewajiban pemerintah adalah menyediakannya.

Pendidikan Gratis


Sebagai Bupati Musi Banyuasin, H. Alex Noerdin, sejak tahun 2002 telah mewujudkan program Sekolah Gratis bagi SD, SMP, dan SMA Negeri. Tahun 2006 diperluas ke sekolah swasta dan madrasah. Tahun 2007 kembali diperluas ke tingkat akademi, yaitu Politeknik dan Akademi Perawat Sekayu dengan standar internasional.

Program Sekolah Gratis terbukti signifikan meningkatkan angka partisipasi sekolah di MUBA. Pada awal program ini digulirkan, Angka Partisipasi Kasar (APK) siswa SD sebesar 118,24 persen, SMP 62,74 persen, dan SMA 34,27 persen. Pada tahun 2007, APK meningkat signifikan, yakni SD 119,15 persen, SMP 93,27 persen, dan SMA 70,21 persen.

Program Berobat Gratis dan Sekolah Gratis disambut antusias oleh masyarakat karena telah terbukti manfaatnya; dipuji banyak kalangan hingga ke tingkat nasional. Sekalipun menurut pihak tertentu dikatakan bahwa program Berobat Gratis tidak mendidik rakyat, dan program Sekolah Gratis tidak logis, H. Alex Noerdin tetap yakin dengan program itu, karena tolok ukur keberhasilan program adalah manfaat bagi masyarakat.

Pihak yang semula menentang kemudian malah berbalik ikut menggaungkan isu sekolah dan berobat gratis, walau belum tentu tahu konsep di balik program itu dan sama sekali belum pernah merealisasikannya. Sebagai pelopor dan pelaku dari program-program itu, H. Alex Noerdin bahkan tahu benar prasyarat yang harus ada dan tahapan yang harus ditempuh untuk menjalankannya; juga konsekuensi yang harus dilakukan dan teknis pelaksanaannya. Di tangan orang yang berpengalaman menjalankan program Berobat Gratis dan Sekolah Gratis , tentu saja tujuan bagi kesejahteraan masyarakat akan lebih tercapai.

Visi dan komitmen H. Alex Noerdin untuk meningkatkan kualitas pendidikan warganya ini mendapat pujian dari Majalah Warta Ekonomi, Jakarta (edisi Oktober 2007). Dasar penilaiannya adalah Kabupaten Musi Banyuasin telah mengalokasikan lebih dari 20 persen APBD untuk pendidikan sejak tahun 2002. Anggaran ini, antara lain, digunakan untuk menggelar program wajib belajar 12 tahun (di tingkat nasional 9 tahun), Sekolah Gratis dari tingkat TK hingga SMA, dan Kuliah Gratis bagi Guru.

Mari kita lihat bagaimana komitmen H. Alex Noerdin, Bupati Musi Banyuasin, dalam bidang pendidikan. Pada tahun 2002, APBD untuk pendidikan sebesar 20,01 persen. Lalu 21,81 persen (2003), 24,36 persen (2004) 24,52 persen (2005), 26,02 persen (2006), dan 21,74 persen (2007).

Jelas, program Berobat Gratis dan Sekolah Gratis amat strategis dalam meringankan beban masyarakat yang masih berkutat dengan beban perekonomian yang belum selesai. Semoga pula dapat memberikan kontribusi bagi rakyat dalam menghindari keputusasaan dan menghindarkan dari berlaku kufur. Bukankah dalam sebuah Al Hadits, Rasulullah SAW telah bersabda, “Nyaris kemiskinan membawa kepada kekafiran (kaadal faqru an yakuuna kufran).”

H. Alex Noerdin berkeyakinan, dengan bekal pendidikan (ilmu pengetahuan), di tengah masyarakat bakal lahir generasi cerdas, berilmu, bermoral, dan mempunyai daya saing tinggi untuk menjadi warga yang maju dan berderajat sosial tinggi di tengah percaturan zaman. Hal ini berdasar pada firman Allah SWT, yakni "Allah akan mengangkat derajat orang-orang yang beriman di antaramu dan orang yang berilmu beberapa derajat." (QS Al Mujadalah: 11).

Melihat keberhasilan kedua program yang dilansir di Musi Banyuasin sejak 5 (lima) tahun lalu itu, dengan antusias H. Alex Noerdin menawarkan pula manfaatnya bagi kesejahteraan masyarakat Sumatera Selatan.

Kepeloporan Lainnya


BANTUAN HUKUM GRATIS
H. Alex Noerdin, sebagai Bupati Musi Banyuasin, sejak Januari 2007 bekerjasama dengan Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Sumatera Selatan memberikan Bantuan Hukum secara Gratis kepada warga tidak mampu yang mendapat masalah hukum.

PEDULI PONDOK PESANTREN
H. Alex Noerdin, sebagai Bupati Musi Banyuasin, peduli dengan peningkatan kualitas pondok pesantren. Sejak 2002, telah menyalurkan bantuan pembangunan masjid, musola, ruang kelas, laboratorium, asrama, air bersih, mobil dan sepeda motor operasional untuk seluruh pondok pesantren di Kabupaten Musi Banyuasin.

KULIAH GRATIS BAGI GURU
H. Alex Noerdin, sebagai Bupati Musi Banyuasin, sejak 2005 telah mewujudkan program Kuliah Gratis bagi Guru untuk meningkatkan kualitas mereka. Tahun 2007, kuliah gratis diberikan kepada 1800 orang guru. Tahun 2009 ditargetkan seluruh guru di MUBA (7200 orang) mendapatkan pendidikan S1 gratis.

ASURANSI JIWA GRATIS
H. Alex Noerdin, sebagai Bupati Musi Banyuasin, sejak Tahun 2003 telah memberikan perlindungan kepada seluruh warga berupa program Asuransi Jiwa Gratis. Ahli waris warga yang meninggal diberi santunan sampai dengan senilai 3 (tiga) juta rupiah.

PELAYANAN PEMBUATAN SERTIFIKAT TANAH GRATIS
H. Alex Noerdin, sebagai Bupati Musi Banyuasin, memberikan kepastian hukum kepada masyarakat. Sejak 2006 telah mewujudkan program Sertifikasi Tanah secara Gratis bagi warga yang tidak mampu.

PELAYANAN DOKUMEN GRATIS
H. Alex Noerdin, sebagai Bupati Musi Banyuasin, sejak Tahun 2002 telah memberikan kemudahan bagi masyarakat melalui program Pembuatan Akta Kelahiran, Kartu Keluarga dan Kartu Tanda Penduduk secara Gratis. Sejak Januari 2007 telah pula mewujudkan program Pembuatan SIM Gratis.

Kepeloporan H. Alex Noerdin dalam kepedulian meringankan beban rakyat yang tidak mampu juga diwujudkan dalam program Khitan Gratis, Pelayanan KB Gratis, Melahirkan Gratis, bahkan Menikah Gratis.

 
Pemutakhiran Terakhir : Rabu, 19 Januari 2011  10:03 WIB   

Sumatera Selatan - Menuju Masa Depan Gemilang

Tim Redaksi Website Gubernur Sumatera Selatan - H.Alex Noerdin, Jl. Kapten Arivai. 
Telp : 0711-311000   
Fax : 0711 -363789
Email : alexnoerdin@sumselprov.go.id

          alexnoerdin@alexnoerdin.info


Contact persons : Darlina.